Selamat Datang di "Griya Sehat Barokah" Menuju Hidup Sehat dan Berkah

 Social Display

     

Merasa Cukup

Share this post
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     
Ini cerita dari Pak Hidayatul Aziz, jamaah pengajian Bulughul Maram di Mushallah A Rafiq –Cendana Loka Graha Raya Bintaro Jaya.

Beliau mempunyai seorang teman yang hobby naik sepeda atau bike to work !. Sang teman ini seorang eksekutif. Pada saat hari terik panas sang eksekutif ini mengayuh sepeda di jalanan ibukota Jakarta, karena haus, ia berhenti di pinggir jalan yang rindang dan ada penjual es di situ. Pak Eksekutif ini membeli minum pada tukang es tersebut dan tanpa disangka tukang es berkata : " Pak saya do'akan bapak bisa membeli motor, biar nggak capek naik sepeda !". Sang eksekutif ini bingung campur ketawa, dan menimpali doa pedagang tadi dengan berkata : " ya pak amin, terima kasih do'anya."

Apa sebenarnya yang diucapkan oleh pedagang es tadi jelas tulus tidak ada maksud 'ngledek" atau menghina orang yang naik sepeda tadi. Padahal, kalau pedagang es tadi seandainya tahu bahwa orang yang di do'akan tadi orang kaya, punya rumah mewah, mobil bagus harta melimpah, tentu tidak akan berdo'a " semoga bapak bisa beli motor" !!

Mengapa pedagang tadi berdo'a seperti itu? Karena pedagang es tadi beranggapan bahwa orang yang naik sepeda tadi adalah seperti dirinya, sama-sama naik sepeda ketika bekerja, sama-sama susah. Si pedagang es merasa dirinya lebih "beruntung" ketimbang eksekutif tadi. Dan karena merasa labih beruntung, ketika melihat "penderitaan" orang lain (meskipun pak eksekutif tadi memang niat untuk ber-bike to work) maka tukang es tadi berdoa untuk supaya orang lain menjadi lebih baik.

Hikmah pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa ini adalah merasa telah dicukupi oleh Allah swt atas segala yang ada itu bisa mendorong seseorang kepada perbuatan lain yang baik dengan tulus ikhlas. Ya ..merasa cukup (dalam kaitan dengan harta), dalam bahasa agama disebut qana'ah. Sifat qana'ah ini adalah modal dasar bagi seorang hamba untuk menjadi hamba yang bersyukur, hamba yang menyadari kekurangan kekurangan yang ada itu sebagai karunia Allah swt untuk terus berikhtiar menjadi yang lebih baik, baik saat sekarang maupun yang akan datang, di dunia maupun di akhirat. (gus arifin)


 

Telah beredar buku "Tuntunan Doa Ibadah Haji dan Umrah" Buku Ke 26 Penulis Buku Best Seller -Gus Arifin- dapatkan di toko buku Gramedia.

Latest Article

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Link Group

 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday64
mod_vvisit_counterYesterday82
mod_vvisit_counterThis week64
mod_vvisit_counterLast week869
mod_vvisit_counterThis month1992
mod_vvisit_counterLast month1444
mod_vvisit_counterAll days130980

Online Now: 4
Today: November 19, 2017