Selamat Datang di "Griya Sehat Barokah" Menuju Hidup Sehat dan Berkah

 Social Display

     

JIN MAKAN APA?

Share this post
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     

 

Al-Quran dan hadis menunjukkan atas adanya jin yang berasal dari Api. Jin itu ada yang laki-laki dan yang perempuan. Jin itu kawin dan juga makan dan minum.

 

Tersebut dalam kitab al-Kaukabu al-Ajuj Fî Ahkâmi al-Malâ’ikati wa al-Jinni Wa asy-Syayâtîni Wa Ya’jûja Wa Ma’jûj halaman 159 dari kitab yang Ketujuh yaitu,

 

قَالَ الْقَاضِى اَبُوْ يَعْلى : اَلْجِنُّ يَأْكُلُوْنَ وَيَشْرَبُوْنَ وَيَتَنَاكَحُوْنَ كَماَ يَفْعَلُ اْلإِنْسُ.

 

Telah berkata al-Qadi Abû Ya‘lâ,Jin itu makan, minum, kawin, sebagaimana dilakukan manusia.

 

 

 

Hadits lain yang  diriwayatkan oleh al-Baihaqî

 

 عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى :أَنَّ رَجُلاً مِنَ الْأَنْصَارِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ خَرَجَ يُصَلِّيَ الْعِشَاءَ فَسَبَتْهُ الْجِنُّ وَفُقِدَ اَعْوَامًا وَتَزَوَّجَتْ زَوْجَتُهُ ثُمَّ اَتىَ الْمَدِيْنَةَ فَسَأَلَهُ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ ذَلِكَ فَقاَلَ اِخْتَطَفَتْنِيَ الْجِنُّ فَلَبِثْتُ فِيْهِمْ زَمَانًا طَوِيْلاً فَغَزَاهُمْ جِنٌّ مُؤْمِنُوْنَ وَقاَتَلُوهُمْ فَاَظْفَرَهُمُ اللهُ عَلَيْهِمْ وَسَبَوْا مِنْهُمْ سَبَاباً وَسَبَوْنِيْ مَعَهُمْ فَقاَلُوْا نَرَاكَ رَجُلاً مُسْلِمًا وَلاَ يَحِلُّ لَناَ سَبَاؤُكَ فَخَيَّرُوْنِيْ بَيْنَ الْمَقَامِ عِنْدَهُمْ وَالْقُفُوْلُ إِلَى أَهْلِيْ فَاخْتَرَتْ أَهْلِيْ فَاتَوْابِيْ اِلَى الْمَدِيْنَةِ فَقَالَ لَهُ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَا كَانَ طَعَامُهُمْ قَالَ اْلفُوْلُ وَكُلُّ ماَلَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللهِ عَلَيْهِ قَالَ فَمَاكَانَ شَرَابُهُمْ قَالَ الْجَدْفُ (رواه البيهقي)

 

Dari ‘Abdurrahmân bin Abî Lailâ: Bahwa seorang laki-laki dari Ansâr (sahabat yang berasal Madinah)  pernah ke luar untuk shalat Isya, maka ia ditawan oleh bangsa Jin dan ia hilang untuk beberapa tahun dan isterinya telah kawin lagi, kemudian ia datang lagi ke Madinah, maka‘Umar pun bertanya kepadanya tentang peristiwa itu, maka jawabnya. “Saya pernah disambar Jin, maka berdiamlah aku pada mereka dalam masa yang lama. Maka mereka itu diperangi oleh jin-jin yang beriman dan mereka itu dibunuh. Maka Allah memberi kemenangan jin-jin yang beriman atas mereka itu. Dan mereka menawan beberapa banyak tawanan mereka dan aku pun terbawa dalam tawanan itu.” Maka merekapun berkata,“Kami lihat engkau ini laki-laki Muslim dan tidak halal bagi kami menawan engkau. Maka merekapun memperkenankan daku untuk memilih antara tinggal tetap bersama mereka atau kembali kepada keluargaku. Maka akupun memilih keluargaku,Maka merekapun membawa aku ke Madinah.” Maka berkata baginya ‘Umar, “Apa yang menjadi makanan mereka?” Jawabnya,“Kacang Ful, dan apa-apa yang tidak disebutkan padanya nama Allah.” ia berkata lagi “Apa minuman mereka?” ia menjawab “Busa air.” (HR. al-Baihaqî).

 

 

 

Keterangan lain tercantum dalam kitab Hayatu al-Hayâwân juz ke-I halaman 265,

 

وَنَقَلَ اِبْنُ خِلْكَانَ فِى تَرِيْخِهِ فِى تَرْجَمَةِ الشَّعْبِيْ وَاسْمُهُ عَامِرٌ اَنَّهُ قَالَ اِنِّي لَقَاعِدٌ يَوْمًا اِذَا اَقْبَلَ حَمَّالٌ وَمَعَهٌ دَنٌّ فَوَضَعَهُ ثُمَّ جَاءَنِيْ فَقَالَ اَنْتَ الشَّعْبِيُّ ؟ فَقُلْتُ نَعَمْ قَالَ هَلْ لِإِبْلِيْسَ زَوْجَةٌ؟ فَقُلْتُ اِنِّيْ ذَلِكَ الْعَرْشَ مَا شَهِدْتُهُ ثُمَّ ذَكَرْتُ قَوْلَهُ تَعَالَى اَفَتَتَّخِذُوْنَهُ وَذُرَّيَّتَهُ اَوْلِيَاءَ مِنْ دُوْنِيْ فَقُلْتُ اِنَّهُ لاَتَكُوْنُ ذُرِيَةٌ اِلاَّ مِنْ زَوْجَةٍ.

 

Dan telah Ibnu Khillikân mengutip dalam Tarîkhnya,dalam biografi asy-Sya‘bî dan namanya, Âmir, bahwasanya ia berkata, Sesungguhnya aku tengah duduk pada suatu hari, tiba-tiba munculah seorang yang memikul, bersamanya sebuah gentong.” Lalu ditaruhnya dan iapun datang kepadaku, seraya berkata, Engkaukah asy-Sya‘bî? Maka aku berkata, Ya.” ia berkata lagi, Beritahukanlah kepadaku,Apakah Iblis itu ada isterinya?”Jawabku, Sesungguhnya itu perkawinan, aku tidak menyaksikannya.” ia berkata, Kemudian aku bacakan firman Allah SWT,Apakah engkau jadikan Iblis dan anak cucunya itu pemimpin-pemimpin selain aku? Maka aku berkata, sesungguhnya tidak ada anak-cucu melainkan dari seorang isteri.”

 

 

 

Diriwayatkan dari ‘Abdullâh bin Masû ia berkata,

 

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَقَدِمَ وَفْدُ الْجِنُّ عَلَى النَّبِيُ صلى الله عليه والسلام فَقَالُوْا يَا مُحَمَّدٌ إِنْهَ أُمَّتَكَ أَنْ يَسْتَنْجُوْا بِعَظْمٍ أَوْرَوْثَةٍ فَإِنَ اللهَ تَعَالَى جَعَلَ لَناَ فِيْهَا رِزْقاً (رواه ابو داود)

 

Dari ‘Abdullâh bin Masûd t, ia berkata, Pernah datang utusan Jin kepada Nabi SAWmaka mereka berkata,Ya Muhammad. Cegahlah umatmu dari  pada beristinja’ dengan tulang atau tahi kering. Sesungguhnya Allah SWTtelah jadikan bagi kamu padanya itu rizki.”  (HR. Abû Dâwud).

 

 

 

Menurut riwayat Abû‘Abdullâhal-Hâkim, bahwa Ibnu Masûpernah bertanya,

 

وَمَا يُغْنِيْ عَنْهُمْ ذَلِكَ يَارَسُوْلَ اللهِ

 

Tidaklah mencukupkan bagi mereka itu akan yang demikian itu ya Rasûlullâh.

 

 

 

Maka RasûlullâhSAWbersabda,

 

 

 

اَنَّهُمْ لاَيَجِدُوْنَ عَظْمًا اِلاَّ وَجَدُوْا عَلَيْهِ لَحْمَهُ الَّذِيْ كَانَ عَلَيْهِ يَوْمَ اُخْذِ.

 

Sesungguhnya mereka itu tidak mendapatkan tulang, melainkan mereka dapatkan atasnya daging yang ada padanya pada waktu diambilnya.

 

 

 

Yakni yang dimakan oleh jin itu adalah daging yang ghaib yang membungkus tulang itu. Hikmah dighaibkannya daging itu bagi kitasupaya kita tidak berebut daging dengan bangsa Jin tersebut. Sebab kalau dilihat ada dagingnya, tentu kitapun mengingininya.

 

 

Telah beredar buku "Tuntunan Doa Ibadah Haji dan Umrah" Buku Ke 26 Penulis Buku Best Seller -Gus Arifin- dapatkan di toko buku Gramedia.

Latest Article

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Link Group

 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday38
mod_vvisit_counterYesterday107
mod_vvisit_counterThis week145
mod_vvisit_counterLast week1046
mod_vvisit_counterThis month2840
mod_vvisit_counterLast month4145
mod_vvisit_counterAll days151943

Online Now: 6
Today: April 23, 2018