Selamat Datang di "Griya Sehat Barokah" Menuju Hidup Sehat dan Berkah

 Social Display

     

Fiqh Puasa (1)

Share this post
FaceBook  Twitter  Mixx.mn     
Dalam menyambut Bulan suci Ramdhan, Insya Allah akan kami  tampilkan tulisan Gus Arifin mengenai Fiqh Puasa. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa dan Ibadah lainnya di Bulan Mulia ini, mudah-mudah an Allah swt meridhai amal ibadah kita, amin 
1.Pengertian Shiyam atau Puasa
Puasa adalah ritual keagamaan yang sudah ada sejak dahulu bahkan sebelum Islam (Nabi Muhammad ), puasa pun dikenal sebagai keharusan bagi agama –agama lain atau bahkan bagi suku-suku tertentu, seperti puasanya para Bikhu Budha, para pastor/zuster, puasanya para penganut aliran kepercayaan dan lain-lain.

Namun Puasa dalam Agama Islam mempunyai pengertian dan aturan yang spesifik, rinci dan sekaligus merupakan bagian penting dari ke-ber-agama-an seorang muslim karena ia merupakan pilar Islam atau Rukun Islam.

Arti (اَلصِّياَمُ ) al-shiyam (puasa) Secara etimologi atau menurut Bahasa/asal-usul kata, adalah menahan diri dari sesuatu. Bila seseorang menahan diri untuk tidak bicara atau makan sehingga ia tidak bicara dan tidak makan, maka secara bahasa ia disebut (صاَئِمٌ )sha-im (berpuasa). Seperti yang ditunjukkan firman Allah : dalam QS Maryam (19): 26 :
فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا 
Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. jika kamu melihat seorang manusia, Maka Katakanlah: "Sesungguhnya Aku Telah bernazar berpuasa untuk Tuhan yang Maha pemurah, Maka Aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini". QS.Maryam (19):26

Pengertian puasa (dalam ayat di atas) adalah diam tidak berbicara.

Sedangkan secara terminologi/( اصطلاح الشرع) istilah syara', puasa adalah menahan dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar (~shadiq) hingga terbenam matahari dengan syarat-syarat tertentu. 

الإمساك عن المفطرات يوماً كاملاً، من طلوع الفجر الصادق، إلى غروب الشمس، بالشروط الآتي بيانها. وهذا التعريف متفق عليه بين الحنفية والحنابلة، أما المالكية والشافعية فإنهم يزيدون في آخره كلمة "بنيّة" وذلك لأن النية ليست بركن من أركان الصيام عند الحنفية، والحنابلة
Pengertian ini disepakati antara Madzhab Hanafi dan Madzhab Hanbali . Sedangkan Madzhab Maliki dan Madzhab Syafi'i menambahkan kata "dengan niat" pada akhir kalimat di atas. 

Jadi menurut madzhab Syafi'i dan Maliki definisi atau pengertian Istilah Shiyam/Puasa adalah :

"menahan dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar (~shadiq) hingga terbenam matahari dengan syarat-syarat tertentu dengan niat". 

Yang demikian itu karena menurut Madzhab Hanafi dan Hanbali, niat bukanlah termasuk rukun puasa, maka ia tidak termasuk bagian dari pengertian puasa. Narnun demikian, niat adalah syarat yang harus, tidak boleh tidak. Maka barangsiapa tidak berniat sessuai dengan kaifiyat/tata cara (yang akan dijelaskan), berarti puasanya batal, secara sepakat.

Dari sini Anda tahu bahwa perbedaan pendapat dalam masalah niat antara syarat atau rukun merupakan filsafat fiqh yang perlu diketahui oleh para pencari ilmu. Untuk selain pencari ilmu (cukuplah) dengan rnengetahui bahwa niat puasa itu hukumnya wajib; tanpa niat, puasa itu tidak sah.

الفقه على المذاهب الأربعة- لعبد الرحمن الجزيري- الجزء الأول))


 

Telah beredar buku "Tuntunan Doa Ibadah Haji dan Umrah" Buku Ke 26 Penulis Buku Best Seller -Gus Arifin- dapatkan di toko buku Gramedia.

Latest Article

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Link Group

 

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday48
mod_vvisit_counterYesterday141
mod_vvisit_counterThis week291
mod_vvisit_counterLast week938
mod_vvisit_counterThis month2847
mod_vvisit_counterLast month4241
mod_vvisit_counterAll days139572

Online Now: 5
Today: January 23, 2018